Ingin lihat Gerhana Bulan Total di Jakarta? disini tempatnya...

Beberapa tempat di Jakarta yang bisa Anda jadikan tempat melihat gerhana bulan total

JAKARTA, KOMPAS.com “ Rabu (31/1/2018), masyarakat terutama yang berada di Jakarta sebaiknya luangkan waktu untuk melihat momen penting ini.

Masyarakat Indonesia seperti di Pulau Sumatera, Pulau Jawa hingga bagian barat Jawa Timur, dan bagian timur Jawa Tengah, serta sedikit daerah di Kalimantan Barat dapat menyaksikan langsung fenomenasuper blue blood moon.

Gerhana bulan kali ini dianggap istimewa karena ada tiga fenomena alam yang dapat disaksikan warga dan ini terjadi dalam siklus 150 tahunan disebut dengan super blue blood moon atau gerhana bulanbiru kemerahan.

Nah, untuk Anda yang berada di Jakarta, ada beberapa titik untuk meyaksikan momen penting yang jarang terjadi ini. Berikut lokasinya yang dihimpun KompasTravel.


1. Planetarium Jakarta

Salah satu lokasinya adalah Planetarium Jakarta, Plaza Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki Jalan Cikini Raya nomor 73, Menteng, Jakarta Pusat. Jika Anda ingin ke planetarium diwajibkan mendaftar terlebih dahulu. Caranya dengan mengisi formulir pendaftaran pada link berikut https://bit.ly/TLE-31JAN2018.

Dikutip dari laman resmi Planetarium Jakarta, pendaftaran akan dibuka secara resmi pada hari Rabu, 24 Januari 2018 pukul 09.00 WIB hingga hari Rabu, 31 Januari 2018 pukul 09.00 WIB tanpa dipungut biaya.

Pendaftaran tersebut berguna bagi ketersediaan tempat peneropongan sehingga pengunjung yang sudah mendaftar akan diutamakan. Untuk menyaksikan fenomena ini Anda bisa datang lebih awal sekitar pukul 18.00 WIB.


2. Taman Impian Jaya Ancol

Jika Anda berada di daerah Jakarta Utara, mungkin bisa datang ke Taman Impian Jaya Ancol. Pengunjung bisa langsung datang ke area Dermaga Hati (Le Bridge) di Pantai Timur Ancol mulai pukul 18.00 WIB.

Tidak hanya menyaksikan fenomena alam, tetapi di sana para pengunjung akan diberikan materi edukasi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Selain itu juga akan ada pemberian akses gratis bagi pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP).


3. Museum Fatahillah

Lalu juga Anda bisa menyaksikannya di Museum Fatahillah atau yang dikenal dengan Kota Tua. Menurut Kepala UPK Kota Tua Novriadi S Husodo, nantinya ada sebuah teleskop yang diletakkan di teras Museum Fatahillah dan diteruskan ke layar lebar di lapangan Fatahillah.

Anda pun bisa datang ke sana mulai pukul 18.30 WIB hingga 21.30 WIB. Perlu dicatat, pengunjung tidak dipungut biaya untuk bisa menyaksikan fenomena ini.

4. Taman Mini Indonesia Indah

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Tinia Budiati mengatakan warga Jakarta bisa menyaksikan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Akan tetapi, karena lokasinya berada di dalam kawasan TMII, pengunjungpun harus membeli tiket masuk terlebih dahulu. Pengunjung bisa datang mulai pukul 17.00 WIB hingga 23.00 WIB.


5. Monas

Selain beberapa tempat tersebut, Tinia juga mengatakan bisa menyaksikannya di kawasan Monumen Nasional (Monas). Di mana menyaksikan mulai pukul 17.00 WIB hingga 23.00 WIB.

"Lihat di Monas juga bisa. Monas di bawah enggak bayar, tapi begitu naik ke atas (Tugu Monas), bayar," ucap Tinia.

© 2014 - 2018 KOMPAS GRAMEDIA.
Website by PandavaMedia