Cerita tentang Kota Misterius di Kalimantan yang hanya Muncul Sesekali

Ternyata di Indonesia juga punya Kota misterius yang hanya terlihat sesekali. Selengkapnya baca...

TRIBUNNEWS.COM - Traveler pasti masih ingat dengan kisah satu kota di Skotlandia yang hanya muncul 100 tahun sekali. Kota itu adalah Brigadoon.

Siapa sangka jika di Indonesia juga punya kisah serupa. Itu adalah kota Saranjana yang hanya muncul sesekali.

Warga di Kalimantan mungkin sudah sering mendengar Kota Saranjana. Kota Saranjana sering dijuluki gaib, karena kota itu jarang sekali terlihat. Namun, menurut cerita, ada beberapa orang yang pernah melihat kota ini.

Menurut beberapa cerita, Kota Saranjana memang tak terlihat, namun ada. Konon, kota ini sudah sangat modern. Bangunannya juga sudah modern. Namun, hal itu masih menjadi misteri, karena belum bisa dibuktikan.

Ada banyak cerita yang berhubungan dengan kota gaib di Kalimantan ini. Misalnya, di sini buah-buahan tumbuh dengan ukuran yang lebih besar dari ukuran normal. Namun, buah-buahan itu akan berubah (mengecil) saat di bawah keluar dari Kota Saranjana.

Jika kita mencari Kota Saranjana di Google Maps, kita tidak akan menemukannya. Namun, pada tahun 1845, kota ini sempat ada di dalam peta buatan Salomon Muller. Dalam peta itu ada wilayah bernama Tandjong (hoek) Serandjana. Di peta itu, Kota Saranjana ada di sebelah selatan Pulau Laut.

Itulah sedikit cerita tentang Kota Sarandjana, kota gaib di Kalimantan.


© 2014 - 2018 KOMPAS GRAMEDIA.
Website by PandavaMedia